CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 27 April 2014

Contoh Drama Musikal "Jumarko Kebelet Sukses"

JUMARKO KEBELET SUKSES


TOKOH:
1.       JUMARKO   : 
2.       AJENG          : 
3.       SUTRISNA   : 
4.       EMAK            : 
5.       SINTA            : 
6.       DAHLIA        : 
7.       MUTIA          : 
8.       LARAS           : 
9.       BU DITA       : 
10.   PAKDHE       : 
11.   PAK LURAH                : 
12.   AJUDAN 1   : 
13.   AJUDAN 2   : 
14.   BOS                : 
15.   WARGA       : 
16.   BULE              : 




Kisah ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang bernama Jumarko. Pria berusia 23 tahun yang bermimpi menjadi orang sukses dengan modal ijazah lulusan SMA. Dengan modal tampangnya yang ganteng pun ia bisa mengapai sedikit mimpinya. Bersenang-senang dalam hidup.
SCENE 1
Emak                     : loh, kamu sudah mau berangkat nak? Tidak sarapan dulu?
Jumarko               : nggak usah mak. Nanti juga ada yang nganterin. Hehe.
Sinta                      : aku ndak mau nganterin lho mas. Aku sekolah sampe sore.
Jumarko               : bukan kamu kok sin. Yee. Assalamualaikum mak.
Emak                     : ya ya. hati-hati ya nak.
                Berjalan menyusuri jalanan setapak berbukit itu jumarko berdendang. Bersamaan dengan warga yang kian bekerja dengan riang.
SCENE 2
                Saat Jumarko sedang bekerja mengurusi ladang peninggalan mendiang bapaknya itu seruan hangat menyapanya.
Sutrisna                : Jum. Jumarko!
Jumarko               : sutris! Hoey! Apa kabar? Lama nggak pulang kamu.
Sutrisna                : iya Jum. Keenakan hidup dikota. Kamu masih betah aja ngurusin ladang jagung ini.
Jumarko               : jelas sut. Satu-satunya peninggalan bapakku ini. Tanah setengah hektar segini, kalau  bukan aku siapa lagi yang ngurus.
Sutrisna                : bener juga. Wah, padahal aku mau ngajak kamu kekota minggu depan. Kebetulan perusahaan tempatku kerja lagi butuh orang.
Jumarko               : beneran sut? Ah tapi tau sendiri lah disini banyak yang nggak bisa ditinggal sut.
Sutrisna                : percaya lho jum. Itu tu salah satunya. (nunjuk cewek yang dateng bawa rantang)
Jumarko               : tau aja kamu.
Sutrisna                : yaudah kalo gitu aku tak pulang dulu ya jum
Jumarko               : iya iya sut.

Ajeng                    : tadi itu siapa mas?
Jumarko               : itu si sutris. Anaknya Pak Kodir yang baru pulang dari Jakarta.
Ajeng                    : oh, berubah ya dia. Jadi ganteng.
Jumarko               : loh? Kok gitu? (grup vocal nyanyi lagu jealous.)
Ajeng                    : endak mas, endak. Jangan marah to.
Jumarko               : kamu kok tumben jam segini udah kesini
Ajeng                    : mas lupa po? Nanti malem ada pagelaran tarianku mas. Jadi selonya aku aja kesini sekarang.
Jumarko               : oiya lupa. Nanti mas nonton kok. Yang cantik ya
SCENE 3
                Malam pagelaran. Jumarko berdandan layaknya mau pergi bertemu presiden di istana Negara. Ibunya turut nimbrung.
Emak                     : tadi Sutris kesini lho jum
Sinta                      : iya mas. Mas sutris berubah ganteng banget. Sayangnya udah jadi pacarnya mbak mutia.
Jumarko               : ah jan opo to sin. iya mak. Tadi sutris udah nyamperin aku diladang.
Emak                     : dia 2 tahun dikota bisa langsung sukses kayak gitu lho jum.
Jumarko               : dia itu memang dasarnya pinter mak. Nggak heran kalo suksesnya cepet.
Sinta                      : iya mak. Nggak kayak mas jum yang otaknya bunting. Hahhahaa
Jumarko               : ap to kamu ki.
Emak                     : udah udah. kamu nggak pengen kayak sutris jum? Tadi dia nawarin kerjaan buat kamu dikota.
Jumarko               : aku sih pengen mak. Tapi kalo jum pergi yang njagain emak siapa? Yang ngurusin ladang siapa?
Emak                     : kalo ladang ma bisa dititipin pakdhemu nak. Ada sinta juga buat njagain emak.
Sinta                      : iya mas. Nanti emak tak jagain kok.
Jumarko               : jadi bingung aku mak. Nggak tau harus gimana.
Emak                     : katanya pengen sukses, ya harus berkorban dong jum.
Jumarko               : enggak tau lah mak. Ndak enak sama ajeng juga mak.
Sinta                      : mbak ajeng pasti nggak papa mas.
Emak                     : kalo kamu sukses kan buat ajeng juga to nantinya.
Jumarko               : iyasih mak. Ah nggak tau lah. Jum pergi dulu mak.
Sinta                      : pasti mau nonton mbak ajeng. Aku boleh ikut mas?
Jumarko               : ndak usah.
SCENE 4
                Datang kepertunjukan menari ajeng dipendopo desa. Banyak warga yang antusias melihat pertunjukan itu. sepulang pagelaran. Jumarko bingung dengan kata-kata emaknya tadi.
Ajeng                    : gimana pertunjukanku tadi mas? (jumarko diem) mas!
Jumarko               : eh eh. Iya dek. Bagus kok bagus
Ajeng                    : kenapa to mas kok mukaknya ditekuk kayak gitu?
Jumarko               : itu lho dek, emak nyuruh aku nyoba kerja dikota, kebetulan sutris ngajakin aku juga.
Ajeng                    : oh gitu… mas pengen?
Jumarko               : (tanpa sadar) ya jelas pengen dek. Kamu tau kan kalo aku ini pengen sukses. (sadar) eh tapi aku enggak bakal ninggalin kamu kok dek
Ajeng                    : ndak papa kok kalo mas mau kekota. Aku ndak papa disini.
Jumarko               : bener dek kamu nggak papa. Aku seneng dengernya. Tunggu aku ya dek. Aku bakal pulang bawa uang yang banyak nanti.
Ajeng                    : tersenyum.
SCENE 5
Jumarko               : aku pergi dulu ya mak. Baik-baik disini
Emak                     : ati-ati ya jum. Jaga dirimu
Jumarko               : jagain emah ya sin
Sinta                      : iya mas. Cari uang yang banyak ya mas.
Jumarko               : jan kamu ini. saya nitip emak sama ladang ya pakdhe
Pakdhe                 : iya jum. Kalo ada apa-apa kabari pakdhe ya.
Jumarko               : iya pakdhe. Dek, mas pergi dulu ya
Ajeng                    : iya mas. Cepet pulang ya. jangan selingkuh disana.
Jumarko               : iya dek.
Sutrisna                : ayo jum. Pamit ya semuanya
                (Menyanyikan lagu perpisahan)
SCENE 6
Dikota.
Jumarko               : disini panas ya sut.
Sutrisna                : heh, kalau dikota jangan panggil aku sut. Panggil aku trisna. Pak trisna.
Jumarko               : kok gitu sut? Eh pak trisna.
Sutrisna                : ya harus gitu. Dikota semua harus keren. Nama kamu disini marko aja.
Jumarko               : hah. Kok kamu main ganti-ganti namaku to
Sutrisna                : udahlah, nurut aja sama aku. Mau sukses ndak?
Jumarko               : mau.

Dikantor.
Sutrisna                : ini kantorku tempatku kerja. Disini lagi butuh karyawan buat bagian penagihan iklan.
Jumarko               : weh? Tapi aku ndak bisa apa-apa e.
Sutrisna                : nggak butuh apa-apa ko. Kamu bisa naik motor kan. Nanti tugasmu Cuma ndatengin orang, ngambil uang terus disetor ke bagian administrasi.
Jumarko               : o gitu. Siap pak trisna.
SCENE 7
                1 bulan kemudian. Saat istirahat makan siang.
(nyanyi not with me –bondan)
Jumarko               : aku kok kangen rumah ya tris. Apalagi ajeng.
Sutrisna                : kamu kan udah sering telpon telponan sama emahmu kan. Ajeng juga kan.
Jumarko               : beda tris. Nggak ada yang nemenin aku lagi.
Sutrisna                : kamu selingkuh aja jum.
Jumarko               : selingkuh kepalamu peyang! Aku ini setia orangnya. Jangan jangan kamu orangnya tukan selingkuh ya?
Sutrisna                : enggak lah. ya kamu selingkuhnya nggak perlu sama orang lah jum. Sama boneka aja, ato sama ikan.
Jumarko               : emang bisa ya?
Sutrisna                : bisa aja. Kamu coba deh.
SCENE 8
Di sanggar tari.
Dahlia                    : kamu kok ndak semangat gitu jeng?
Ajeng                    : aku kangen sama mas jum li.
Mutia                    : ndak usah dipikir jeng. Mas jum mu itu ndak bakal kenapa-kenapa dikota.
Ajeng                    : mas jum kira kira lagi mikirin aku ndak ya?
Dahlia                    : nggak usah dipikirin lagi jeng… (nyanyi kubahagia)

Bu Dita                  : heh heh! Ada apa ini rebut-ribut. (pada takut) kalau mau nyanyi nyayi tu ya ajakin ibu juga dong. (lanjut nyanyi reff terakhir)
SCENE 9
Mutia                    : jeng. Aku dapet sms dari mas sutris. Katanya suruh nyampein kamu kalo mas jum barusan beli hape.
Ajeng                    : beneran? Maintain nomornya mas jum dong mut.
Mutia                    : siap jeng. Nanti aku smsin ya.
Ajeng                    : sip. Makasih ya mut.
SCENE 10
Setelah beberapa bulan kerja dikantor.
Jumarko               : bosen.
Laras                      : lhoh? Mas marko bosen kenapa sih?
Jumarko               : eh mbak laras.
Laras                      : nggak usah panggil mbak. Laras aja.
Jumarko               : eh iya mbak. Eh laras.
Laras                      : nah. By the way, mas marko bosen kenapa?
Jumarko               : saya tu bosen kerja dikantor ini. Kejaannya itu itu aja. Gaji juga ndak seberapa. Tagihan pada numpuk nggak kebayar.
(serentak nyanyi price tag)
Laras                      : mas marko mau pindah kerja? Kalau mau bisa saya bilangin papah saya. Kebetulan pemilik kantor ini papah saya.
Jumarko               : beneran ras? Boleh boleh.

Laras                      : pah. Papah. Kenalin ini mas marko.
Bos                         : laras. Jangan panggil papah kalo dikantor.
Laras                      : iya pah. Eh pak.
Jumarko               : selamat siang bos.
Bos                         : siang marko. Kata anak saya kamu mau pindah bagian.
Jumarko               : jika diizinkan pak.
Laras                      : harus boleh pah. Kalo enggak aku marah.
Bos                         : iya iya ah. jadi kamu bisa apa marko
Laras                      : mas marko itu orangnya ulet, rajin….
Bos                         : papah nggak nanya kamu laras.
Jumarko               : saya kurang tahu pak. Dulu sewaktu sekolah saya belajar jurusan bahasa pak.
Bos                         : um, begitu rupanya. Kalau begitu lebih baik kamu saya tempatkan dibagian promosi. Tugas kamu pergi-pergi untuk menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan lain. Biar kamu nanti dibantu oleh laras.
Jumarko               : oh baik. Siap pak.
SCENE 11
Beberapa bulan kemudian.
Jumarko               : bagaimana dengan jadwal saya besok, ras?
Laras                      : besok kita akan bertemu perusahaan asing pak. Semua perlengkapan bapak sudah saya siapkan.
Jumarko               : boneka gajah saya sudah?
Laras                      : boneka biru itu? belum pak.
Jumarko               : masukan itu juga. Itu pacar saya itu.
Laras                      : maksud bapak?
Jumarko               : dia adalah pengganti pacar saya selama saya disini.
Laras                      : kenapa penggantinya boneka pak. Padahal saya juga mau lho pak. (tptp)
(lagu tentang kesetiaan)
SCENE 12
Dahlia                    : kenapa lagi sih jeng, kok mukanya ditekuk gitu?
Ajeng                    : mas jum udah lama nggak sms aku
Dahlia                    : mungkin mas jum lagi sibuk jeng
Ajeng                    : huft…
Mutia                    : jeng ajeng ajeng. Aku punya kabar heboh!!
Ajeng                    : apa itu mut??
Mutia                    : barusan aku dapet kiriman foto lewat fesbuk dari mas sutrisna. Fotonya mas jumarko.
Ajeng                    : beneran? Wah aku kangen banget ini.
Mutia                    : tapi.. tapi…
Ajeng                    : sini liat. Hah!! (shock)
Mutia                    : mas sutrisna bilang mas jum pergi keluar kota selalu bareng mbak itu.
Dahlia                    : jangan asal kamu mut. Mungkin itu urusan pekerjaan.
Bu Dita                  : ada apa lagi ini? Kenapa ini ajeng menangis?
Ajeng                    : eng.. enggak papa kok bu.
Bu dita                  : yaudah kalo gitu ayo latihan lagi.
(lagu patah hati)
SCENE 13
Jumarko               : selamat siang mister
Bule                       : siang
Jumarko               : kenalkan, nama saya marko mister.
Bule                       : saya ehsan. Senang berkenalan dengan pak marko. Jadi bagaimana?
(bisnis rahasia) (lagu spy)
Jabat tangan. Berpisah.
SCENE 14
Jumarko pulang ke kampungnya untuk menyelesaikan proyek dan pulang kampong. Nyanyi lagu bento.
Jumarko               : emak…. Sinta… pakdhe… aku pulang
(nyanyi lagu aku pulang)
Emak                     : jumarko anakku…
Sinta                      : mas jumarko…
Pakdhe                 : jum…
Ajudan 1              : slow slow. Biasa saja buk.
Ajudan 2              : jangan dekat-dekat
Jumarko               : kalian ini. Ini emakku. Minggir kalian.
Ajudan 1&2        : ampun bos. Baik bos.
SCENE 15
Pakdhe                 : pak lurah, jadi begini. Saya mau minta izin sama pak lurah untuk  laporan aka nada tamu asing yang datang kedesa ini.
Pak lurah             : tamu siapa itu?
Jumarko               : tamu saya pak. Yang mau melihat-lihat desa ini.
Pak lurah             : baiklah. tidak masalah.
Jumarko               : terima kasih pak. Ngomong-ngomong dek ajeng kemana ya pak? Kok nggak keliatan?
Pak lurah             : oh, ajeng mungkin disanggar bu dita.
SCENE 16
Jumarko               : permisi bu. Saya cari ajeng. Apa boleh dipanggilkan.
Bu dita                  : siapa kamu?
Jumarko               : saya jumarko bu.
Bu dita                  : sebentar saya panggilkan.

Jumarko               : dek…
Ajeng                    : ngapain kesini?
Jumarko               : lho kok kamu gitu dek? Kamu nggak seneng ketemu mas?
Ajeng                    : buat apa?
Jumarko               : lhoh kamu kok ngelupain aku dek?
Ajeng                    : perlu ya diinget. Mana pacarmu mbak laras itu?
Jumarko               : pacar apa dek. Pacarku ya kamu.
Ajeng                    : udahlah.
SCENE 17
bule                       : saya senang dengan desa ini.
Jumarko               : tentu mister. Proyek pabrik kimia ini pasti akan berjalan mulus.
Warga                   : apa pabrik!!!
Ajudan 1              : santai mas santai
Ajudan 2              : tolong jangan mendekat
Warga                   : jadi bule ini kesini untuk membangun pabrik kimia didesa ini. Tidak bisa ini desa kami.
Jumarko               : tangkap bapak ini. Mengacau.
Bule                       : ada apa ini?
Ajudan 1              : tenang mister. Semua pasti terkendali.
Warga                   : dasar kau jum, tega sekali kau.
Ajudan 1              : tenang pak. Jangan emosi.
Ajudan 2              : kita bawa kemana ini bos?
Warga                   : bawa aku kerumah pak lurah. Kita selesaikan semua ini secara musyawarah.
Ajudan 2              : bagaimana bos?
Jumarko               : baiklah. kita kerumah pak lurah.
SCENE 18
Pak lurah             : ada apa ini?
Warga                   : ternyata kedatangan bule ini kesini untuk membangun sebuah pabrik kimia berbahaya pak.
Ajudan 1              : santai pak.
Pak lurah             : benar itu mister?
Bule                       : jelaskan padanya marko.
Jumarko               : memang niatan kami ingin membuat pabrik kimia pak. Tapi masih dalam perencanaan.
Pak lurah             : apa? Tidak. Hentikan rencana itu. kami tidak akan setuju. Itu merusak.
Jumarko               : maafkan kami sudah lancing pak.
Pak lurah             : kalau begitu, pulangkan mister ini.
Ajudan 2              : tenang pak tenang.
Jumarko               : ayo kita pulang.
SCENE 19
Jumarko               : dek… jeng… ajeng
Ajeng                    : pergi. aku ndak mau liat muka mas lagi.
Jumarko               : sebenci-bencinya kamu sama aku, paling enggak kamu masih manggil aku mas dek.
Ajeng                    : kamu jahat mas. Kamu selingkuh.
Jumarko               : enggak dek aku nggak pernah selingkuh. Laras itu sekertaris bos temen kerjaku.
Ajeng                    : tapi kok keluar kota bareng?
Jumarko               : itu ada karyawan lain dek. Kamu jangan salah paham.
Ajeng                    : bener mas?
Jumarko               : iya dek. Jangan marah lagi ya…
Tersenyum.

(Nyanyi lagu damai-D’Massiv) (tambahan selipin bondan-kita selamanya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar